Efisiensi
adalah hal yang sangat penting dalam setiap hal. Sebagai insan kreatif,
produktifitas dan kualitas pasti menjadi suatu tuntutan yang wajib
dipenuhi. Salah satu faktor penunjangnya adalah efisiensi dalam bekerja.
Efisiensi dalam hal ini berarti tepat dan sesuai menghasilkan sebuah
karya dengan tidak membuang-buang waktu dan tenaga. Nah, berikut adalah 3
tips sederhana yang mungkin dapat membantu kamu agar lebih efisien
dalam mendesain. Check it out!
1. Mengenal Proses
Setiap bidang dalam desain grafis adalah unik. Layout, illustrasi,
desain logo, advertising, web design, maupun print design memiliki
proses yang berbeda satu sama lain. Alangkah pentingnya untuk mengenal
masing-masing proses tersebut agar efisiensi kerja bisa tercapai.
Sebagai contoh misalnya, ketika kita ingin mendesain cover majalah
bergaya kartun yang ilustratif, maka terlebih dahulu kita harus membuat
ilustrasi. Dalam kasus ini kita bisa memulai dengan menggambar sketsa
kasar untuk mendapatkan bentuk, kemudian lanjut kepada sketsa bentuk,
pewarnaan, shadowing dan highlighting, sampai dengan finishing akhir.
Proses-proses seperti ini selain menghemat banyak waktu dan tenaga, juga
biasanya akan menghasilkan output yang berkualitas.
2. Kesesuaian Tool
Saat ini, kita mengenal banyak sekali aplikasi grafis yang memungkinkan
kita untuk menciptakan beragam bentuk grafis. Mulai dari yang standar
sampai dengan professional dan ditujukan untuk keperluan komersil. Kita
pun dituntut untuk mampu menyesuaikan pekerjaan dengan aplikasi yang
akan dipakai.
Misalnya kita ingin mendesain halaman web. Adobe Illustrator
punya fitur-fitur yang memungkinkan kita menghasilkan web page yang
menarik. Akan tetapi, karena AI memang tidak dirancang untuk itu, maka
proses tersebut akan sangat rumit dan memakan waktu yang cukup lama.
Pilihan yang tepat tetap jatuh kepada Photoshop. Kesesuaian dalam memilah tool akan membantu meningkatkan efisiensi kerja.
3. Mengorganisir File
Ini mungkin hal yang sederhana, tapi penting. Sebagai desainer, kita biasa bekerja dalam beberapa tahap, mulai dari deal,
revisi, finishing, sampai dengan penyerahan file akhir. Tanpa manajemen
file dan folder yang baik, kita akan disulitkan oleh ketidak-teraturan
file. Hal ini akan sangat menganggu efisiensi kerja. Pengalaman pribadi,
saya pernah menghabiskan waktu cukup lama mencari file klien di
komputer. Penyebabnya itu tadi, tidak memanage dan menamai file dengan teratur dan terlalu mengandalkan ingatan. :D
Jadi bagaimana menurut kamu? Silahkan share pendapat melalui komentar :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih Sudah Mau Berkunjung..
Komentar anda sangat Berarti bagi Saya...